Rabu, 10 Agustus 2011

"Yang Itu Apa Kaka??"

Spesial (tapi gak pake telor) buat postingan hari ini, saya mau cerita tentang peralatan yang ada di Gardu Induk. Mulai dari peralatan yang ada di switch yard sampe beberapa yang ada di control room yang ada di GI Boom Baru tempat saya KP ini. Yang spesialnya lagi, saya mau cerita dengan sedikit gambar terus saya kasih penjelasan dikit dengan bahasa saya sendiri dan sebatas pengetahuan saya. Jadi kalo ada yang salah maaf ya, tolong bantu ralat (CMIIW).

Baiklah, kita mulai dari kantor TRAGI nya. Ini loh plang nama kantor TRAGI Boom Baru itu:


Dalam ruang kantornya gak usah ya, langsung ke plang nama GI nya aja deh:


Sebelumnya, saya mau kasih info sedikit tentang pengertian dan fungsi Gardu Induk (GI) yang saya kutip dari buku Workshop Ophar Gardu Induk, yang diterbitkan oleh PT. PLN (Persero) PUSDIKLAT.

Gardu Induk adalah suatu instalasi listrik mulai dari TET (Tegangan Ekstra Tinggi), TT (Tegangan Tinggi), dan TM (Tegangan Menengah) yg terdiri dari bangunan dan peralatan listrik. Fungsi Gardu Induk adalah untuk menyalurkan tenaga listrik (kVA, MVA) sesuai dg kebutuhan pd tegangan tertentu. Daya listrik dpt berasal dari pembangkit atau gardu induk lain.

O iya, GI itu ada tempat switch yard dan control roomnya. Switch yard itu tempat rangkaian peralatan mulai dari busbar, trafo, serta pengamannya. Kalo control room tempat kubikel berada, tempat operator memperhatikan setiap perubahan yg ada di sistem, ruang batre, sampe ruang PLC.

Oke, mari kita lihat isi switch yard. Secara umum bisa kita tulis terdiri dari bay penghantar -> busbar -> bay trafo. Bay penghantar itu urutannya, (kalo yg saya lihat di GI Boom Baru, dan Bukit Siguntang), mulai dari penghantar -> lightning arrester (LA) -> line trap -> Potensial Transformer (PT) -> PMS rel -> Current Transformer (CT) -> PMT -> PMS bus.

Cara bedain antara PT dengan CT itu selain, dilihat dari posisinya di bay penghantar, bisa juga dilihat posisi penghantat yg masuk nya. Kalo dari posisi kan PT dulu baru CT. Nah kalo secara fisik, penghantar yg masuk ke PT itu bentuk nya paralel, sedangkan yg masuk ke CT seri. Seperti yang didalam rangkaian listrik sederhana lah. Berikut penampakan PT, lihat posisi masuknya penghantar di bagian atasnya seperti huruf T :


Berikut penampakan CT, lihat posisi masuknya penghantar di bagian atasnya, seperti menembus saja:


Kalo gambar diatas yang udah diberi warna tanda fasanya, ini ada gambar yg udah dipasang tapi belom dikasih warna tanda fasa. Hayo tebak ini CT apa PT :D


Selanjutnya mengenai PMS, kan itu ada PMS rel dan ada PMS bus. Kalo PMS rel posisinya lebih depan, fungsinya supaya memastikan bila saat akan ada pengerjaan tidak ada arus yang masuk atau datang dari penghantar. Dari segi fisiknya, PMS rel dilengkapi PMS tanah. Jadi saat PMS rel dibuka maka PMS tanahnya akan masuk. Sehingga kalo ada arus yang datang langsung dibuang ke tanah. Ini gambarnya, yang saya lingkari merah itu, posisi pisau PMS tanah yang sedang terbuka karen PMS rel sedang tertutup (masuk) dalam keadaan kerja normal:

Kalo yang ini PMS bus posisinya lebih belakang, fungsinya untuk memisahkan antara bay penghantar dengan busbar. Dari segi fisiknya, PMS bus tidak dilengkapi dengan PMS tanah.

Sekarang masuk ke ruang kontrol, yang utama isinya ada kubikel. Kubikel ini dapat memberikan berbagi informasi dari peralatan yang ada di switch yard karena memperoleh masukan dari trafo pengukuran (PT dan CT). Kubikel ini wujudnya seperti lemari besi. Berikut gambarnya beserta bonus calon operator yang sedang melakukan pencatatan beban harian :)


Didalam kubikel ini juga terdapat PMT dan PMS nya loh. Tapi tentunya fisiknya beda dengan yang ada di switch yard.


Itu seperangkat PMT dan PMS tadi akan dimasukkan kedalam kubikel ini:


Peralatan yang saya fotoin gak terlalu banyak, jadi postingan kali ini cukup sampai disini ya. Kalo ada informasi tambahan or kesalahan saya, silahkan kontak saya. Di kolom komentar boleh, di shout box boleh, lewat twitter saya juga boleh :)

O iya, masalah judul postingannya saya pilih itu soalnya tadi pas di GI temen-temen (termasuk saya), kita banyak nanya-nanya sama kakak operatornya. Dan sering terdengar: “Yang itu apa kaka??” hehehehe.

Comments :

1

nah kakak ini anak STT PLN ye hehe

Unknown mengatakan...
on 

Posting Komentar

 

[Get Widget]