Kamis, 11 Agustus 2011

Pemasangan Rel pada Kubikel di GI Sei. Juaro

Walaupun kemarin gak ada kesepakatan sama temen-temen dan manager hari ini kami disuruh datang jam berapa, tapi karena udah “baca medan” ya udah yahh kami hari ini datang sekitar jam setengah 9an :)
Sampe di kantor utama (read: Tragi Boom Baru),seperti biasa kami menunggu dulu. Baik nunggu temen laen yg belom datang dan bapak managernya yg juga belom datang. Setelah ditanya sama staff ternyata, bapak managernya sedang sakit. Okelah, wish you get well soon sir.

Gak beberapa lama kemudian kamipun bersiap untuk menuju ketempat yang akan dilakukan pengerjaan. Hari ini seperti yang diberi tahu bapak manager kemarin, akan ada pekerjaan pemasangan rel di GI Sungai Juaro. Mulanya saya pikir rel yang dimaksud adalah busbar yang ada di switch yard. Tapi gak taunya rel yang dimaksud adalah rel yang ada pada kubikel.

Hmm, dapat ilmu baru lagi nih. Kalo sering kita lihat di one line diagram, setelah sisi sekunder trafo akan ada PMS, PMT, dan Trafo Distribusi. Sisi ini emang dialiri dengan listrik tegangan menengah, kalo di Palembang umumnya 20 kV. Nahh, awalnya saya pikir posisi PMT dan PMS tersebut juga terdapat didalam switch yard tapi ternyata PMT dan PMS tersebut ada didalam ruang kontrol tepatnya didalam kubikel.Untuk gambar PMT dan PMS yang dipasang di kubikel, sudah saya posting di 2 artikel sebelumnya.

Sesampainya di GI Sei. Juaro, kami langsung membawa peralatan yang diperlukan ke ruang kubikel yang akan dikerjakan. Sebelum memasang relnya, kami sedikit melakukan penyesuaian posisi kubikel. gak dipindahin jauh sih, cuma digeser aja. Tapi beratnya itu loh, kagak nahaan. Padahal udah banyak tenaga laki-laki yang bahu-membahu ngegeser itu kubikel, tapi tetep aja berat bener. setelah posisi yang diinginkan pas, barulah dilakukan pengerjaan.

Secara umum dan secara ringkas, tahapan pemasangan rel adalah sebagai berikut: pengerjaan dimulai dengan melepas mur dan baut pada kubikel guna melepas “casing” kubikel yang diperlukan, lalu menyiapkan rel tembaga yang akan dipasang, melonggarkan atau melepas connector bus (klem bus) yang ada didalam kubikel, memposisikan rel yang akan dipasang di klem bus, lalu mengencangkan kembali klem bus yang menjepit rel tersebut. Sentuhan terakhir tentunya adalah kembali memasang casing yang sebelumnya dilepas, dan mengencangkan mur dan baut yang juga sebelumnya dilepas.

Berikut adalah gambar dari rel yang akan dipasang:


Berikut adalah gambar dari klem bus:


Berikut adalah gambar posisi rel dan klem bus yang dipasang didalam kubikel:


Setelah pemasangan rel di kubikel ini selesai, kabel TM 20 kV yang akan di tarik keluar belum kami pasang. Tentunya, ini sudah bukan wilayah kerja transmisi tapi sudah masuk distribusi.

Pengerjaan hari inipun selesai seiring dengan kembalinya kami ke “basecamp” di Tragi Boom Baru.

Comments :

0 comments to “Pemasangan Rel pada Kubikel di GI Sei. Juaro”


Posting Komentar

 

[Get Widget]