Kamis, 04 Agustus 2011

Setitik Senyum di Atas Banyak Rugi dan Gangguan

Setelah menyelesaikan ketikan hari kedua KP yang saya buat subuh, tepatnya habis sahur, saya jadi tertarik untuk sedikit merapikan tampilan blog saya ini. Gak banyak yang diubah sih, cuma ngatur posisi widget dan nambahin Twitter Badge. Pas lihat jam ternyata udah hampir jam 7. Ya udah saya siap-siap untuk berangkat ke Gardu Induk.

Begitu sampe di GI, waktu udah menunjukkan pukul 8 lebih 5 menit. Jadi saya langsung masuk ke ruang kontrol dengan teman-teman kelompok saya. Ketika melihat jadwal harian, ternyatauntuk jam 8 beban harian nya belom dicatat. Berhubung waktunya udah lewat dikit, ya udah saya langsung catat aja. Setelah mencatat arus dari sisi masukan, saya langsung menuju ruang kubikel 15 / 20 kV untuk mencatat arus pada beberapa penyulang.

“Jackpot” kecil ternyata sudah menunggu saya di salah satu kubikel penyulang untuk transformator I (15 kV). Ketika saya mengecek tanda plus atau minus, ada sedikit yang aneh. Diatas label k (kilo), ada tanda strip ( - ). Berhubung selama dua hari KP ini kami, terutama saya, belum pernah ketemu tanda minus otomatis saya bingung. Yang dimaksud minus oleh kakak operator dalam penjelasan hari pertama itu tanda ini bukan ya ?? Saya jadi ragu soalnya kalo memperhatikan data dari dua hari kemarin dan data sebelumnya, untuk pagi seperti ini jarang keluar arus minus. Jadi saya catat dulu angkanya di formulir harian, dan tanda tadi saya catat terpisah. Begitu masuk ruang kontrol, saya langsung menyanyakan dengan operatornya perihal simbol ini. ternyata benar, simbol ini artinya minus yang artinya penyulang ini dalam posisi import dan daya diambil PLTG Musi 2, dengan kata lain GI ini rugi.

Awalnya sih seneng bisa dapet jackpot dipagi hari gini. Tapi setelah mendengar penjelasan dari kondisi tersebut, yahh jadi sedikit sedih sih. Tapi gak apalah, buat bahan pembelajaran juga. Lagi pula saya pikir palingan sebentar lagi bakalan jadi plus. Sayangnya tebakan tebakan saya salah, tanda minus ini terus berlangsung hingga sore hari bahkan sempat naik tinggi dan turun lagi.

Sekitar jam sepuluh, kami ikut supervisor masuk ke switch yard dan berkeliling guna mendengarkan sedikit penjelasan mengenai isi GI Bukit Siguntang ini. Beberapa informasi yang saya catat dan dapat saya tulis disini yaitu kalo GI blackout, trafo pemakaian sendiri (PS) dulu lah yang harus dinormalkan. Karena bagaimana GI ini mau melayani penyulang-penyulang yang ada, kalo alat operasinya saja tak mendapat daya untuk dioperasikan.



Setelah dari switch yard, kami masuk ke ruang kubikel 20 kV yang menangani transformator II. Disini kami melihat dan mendengarkan penjelasan mengenai relay-relay pengaman dan beberapa informasi lainnya. Salah satu informasi mengenai GI ini yang saya dapat saya tulis disini adalah kemampuan penghantar GI Bukit Siguntang ini yaitu 2 x 600 A, dengan tegangan operasi 70 kV, dan cos ᶲ rata-rata 0,89 maka pembebanan daya maksimum yang dapat dilakukan penghantar adalah:
P = √3.V.I.cos ᶲ

Setelah dihitung maka hasilnya adalah 129,48 MW [CMIIW -> correct me if I wrong].
Disini jadwal KP kami sampai jam 4 sore, maka seperti biasanya sebelum jam 4 kami sudah mulai siap-siap untuk pulang dengan sebelumnya mencatat beban untuk jam empat. Tapi ternyata Allah SWT ingin memberi kami sedikit pelajaran sebelum pulang, dan saya anggap ini sebuah “jackpot” yang cukup besar :).

Ketika sholat ashar yang sedang saya jalankan tinggal salam aja, tiba-tiba terdengar suara alarm. Saya langsung sadar, dari penjelasan kemarin alarm bunyi berarti ada gangguan dan kemungkinan ada PMT yang trip. Begitu selesai sholat saya langsung lari ke ruang kontrol tanpa pake sepatu, dan ternyata emang bener kakak operator dan teman-teman saya udah gak ada, kemungkinan udah menuju ruang kubikel untuk mengecek gangguan yang terjadi.

Begitu saya selesai pake sepatu ternyata mereka udah keburu balik lagi ke ruang kontrol, dan temen saya bilang: “Sayang kamu tadi gak ikut kami masukin PMT nya [sambil senyum-senyum kemenangan]”. Ahhh,, bener-bener kejadian langka yang saya lewatkan. Tapi apa boleh buat, namanya juga lagi sholat. Saya sempet bilang, “Ya udah balik lagi yuk turunin lagi PMT nya.” Dengan santai teman saya menjawab, “Ooo,, tidak bisa ! [sekarang sambil cengengesan]”. Iyya sihh emang gk mungkin bener, masa’ mau dilepas lagi PMT nya [odonk !!]. Tapi belom kering bibir saya dari berucap [hiperbola dikit], alarm bunyi lagi, emang dasar Allah SWT mau nyiapin jackpot utamanya pas ane selesai sholat kali ya, hehehe. Refleks saya bilang,, “iyess bunyi lagi [gantian saya yg senyum]”. Ehh langsung dibales temen saya, “wah jahat nih orang, masa’ ada gangguan seneng [tetep aje sambil senyum-senyum]”.

Ya udah kami balik lagi ke ruang kubikel dan memperhatikan bagaimana langkah-langkah yg dilakukan kakak operatornya dalam mengatasi gangguan yang terjadi. O iya, perlu digaris bawahin kami senyum-senyum seneng bukan berarti kami girang ada gangguan dan lihat orang bakal kena pemadaman. TAPI, kami cuma ingin mendapat ilmu apa yang akan dilakukan operator bila menghadapi gangguan seperti ini.

Gak berapa lama, ehh alarm bunyi lagi, agak lebih keras dan terdengar bukan cuma satu pulak. Ya udah balik lagi lah kami ke ruang kubikel, ternyata kali ini dua penyulang yang ditangani oleh Transformator II yang bunyi. Langsung deh kakak operatornya melakukan SOP nya, melakukan tindakan di kubikel dan koordinasi ke UPB melalui HT. Sedikit informasi bahwa, kondisi cuaca diluar saat terjadi gangguan ini diawali dengan berangin yang cukup deras dan dilanjutkan dengan hujan yang gak terlalu besar.

Dari keadaan ini kami belajar dan mengetahui, betapa gangguan itu bisa terjadi kapan saja (gak peduli kamu lagi sholat pun), apa saja yang harus dilakukan oleh operator pada alat, bagaimana sibuknya operator saat terjadi gangguan, dan benar-benar perlu ketenangan seorang operator dalam mengatasi gangguan yang terjadi.

O iya, jackpot laen yang saya dapat sore tadi adalah saya dapat kesempatan muter salah satu switch yang berhubungan dengan PMT yang trip di penyulang transformator I yang udah dimasukkan tapi itu switch agak error jadi gak naek secara otomatis. Alhamdulillah dapet pengalaman lagi :).

Comments :

2 comments to “Setitik Senyum di Atas Banyak Rugi dan Gangguan”

make me wonder,,,
>.<
pengen banget liat keadaan langsungnya!

Danang.aji mengatakan...
on 

hehehehe
kemaren kami sampe bela-belain pulang agak telat dikit loh. Rada-rada terpesona gitu deh :D

Aan Ma'ruf mengatakan...
on 

Posting Komentar

 

[Get Widget]