Jumat, 05 Agustus 2011

Ilmu Dari Operator Senior Emang Beda

Pagi kemarin di KP hari keempat (berhubung saya bikin ini post udah subuh), gak ada yg terlalu beda dengan pagi-pagi sebelumnya. Cuma yang sedikit beda saya disuruh mindahin parikiran dari samping gudang. Kata bapak yg jadi cleaning servicenya ada mobil operator yang mau datang. Awalnya saya pikir mungkin operator khusus, yang cuma datang pada hari tertentu saja. Jadi motor saya parkir di bawah pohon cemara deh.

Begitu masuk ruang kontrol,langsung ketemu kakak operator yang shift kemarin. Otomatis kami langsung nanya, “Habis kami balek kemaren, ado gangguan lagi dak kak?” . “Iyo ado, duo penyulang di trafo I kemaren trip lagi”. Begitu dilihat dari catatannya, ternyata gangguannya terjadi sekitar pukul 17.40 WIB. Beginilah jadi operator, bakal repot banget kalo ada gangguan. Ngurusin panel kontrol yang berubah dan harus dinormalkan, laporan dan koordinasi ke unit lain, belom lagi kalo orang dari pembangkit ngomel gara-gara tegangan sekunder trafonya berubah. Sekedar informasi, pada trafo II tegangan sekunder normalnya 20 kV. Begitu terjadi gangguan tegangan ini bakalan berubah. Batas naiknya paling tinggi 20,3 kV. Jadi ceritanya kemarin tegangannya naik sampe 20,5 kV. Langsung deh dikontak oleh PLTG Musi 2, katanya tinggi banget. Ya udah kemarin jadi belajar cara nurunin tap changer trafo deh.

Yang paling parah ya kalo pelanggan yang marah. Kan pelanggan harus diutamakan. Andai para pelanggan diluar sana tahu, betapa PLN itu sangat tidak ingin adanya pemadaman. Andai pelanggan tahu, betapa ruar biasa repot dan kewalahannya para teknisi PLN saat terjadi gangguan. Dimana yang namanya gangguan bisa datang kapan saja, dimana saja, dalam bentuk apa saja, dan memberikan dampak yang sangat beragam. Yakk, cukup berandai-andainya. Sekarang mari kita lakukan yang terbaik demi kebaikan kita bersama :)

Lanjut ke cerita bersama operator senior di KP hari keempat kemarin. Begitu bapaknya masuk ke ruang kontrol untuk pergantian shift, ternyata bapak itu adalah bapak kami ketemu di KP hari pertama tapi cuma sebentar. Dengan bapak ini kami belajar banyak hal, mulai dari hal-hal teknis di GI Bukit Siguntang, ilmu-ilmu teknis secara umum di PLN, berbagai data yang harus dicek oleh operator di GI Bukit Siguntang yang selama 3 hari kemarin kami belom tahu, belajar menganalisa penaikan tap changer yang kami lakukan, perhitungan losses dan voltage drop dari data yang tersaji langsung dilapangan, hampir dikasih duit 100 rb kalo “tantangan” yang dikasih tepat sasaran, penjelasan konsep enterprenure secara umum biar jadi kaya, hingga cerita pengalaman bapak ini selama di PLN. Kalo mau secara rinci ilmu yang didapet kemarin mau ditulis, mungkin bisa jadi makalah. Jadi secara umum gitu aja lah ya. Hehehe

Nah tadi pagi yang beda juga, tiba-tiba pas telpion kantor bunyi dan diangkat sam petugas, bapak petugasnya bilang, “Dek ini ado telpon dari UPT Seduduk Putih untuk kalian”. Ya udah saya yang terima telpon. Begitu saya terima telpon saya ditanya dengan siapa saya ditanya, ya udah saya jawab: Al-Amin Putra Pratama Ma’ruf [untuk gk kusebutin sekalian sama Bin nya, hehehe]. Lalu bapak yang diujung telpon yang lain bilang bahwa saya dan teman-teman kelompok saya besok disuruh ke UPT Seduduk Putih, jam 9, untuk menemui manager nya. Jadi besok gak perlu ke GI Bukit Siguntang dulu. Habis itu bapaknya minta telponnya dikasihkan ke bapak supervisor GI Bukit Siguntang. Selesai ngomong, telpon pun ditutup. Bapak supervisor langsung bilang: “Besok kalian ke UPT Seduduk Putih, jam 9, tolong kasih tau yang lain”. Siap komandan !!

Kembali lah saya ke ruan kontrol dan menyampaikan isi berita dari telpon tadi pada teman-teman saya. Mendengarkan berita saya tadi bapak operator seniornya bilang, “Ahh,, mungkin kalian mau dikasih duit SPJ. Hahaha”. Aamiin :)
Tapi kenyataannya, sampe sekarang kami gak tahu, ada apakah gerangan hingga kami disuruh menghadap manager UPT ??? Mudah-mudahan “do’a” pak operator senior terkabul, atau paling gak kami gak kena masalah or something trouble lah. Aamiin

So, wish us luck for today guys.

Comments :

2 comments to “Ilmu Dari Operator Senior Emang Beda”

*_* mau dong duiiiitnyaaaaa

Danang.aji mengatakan...
on 

wuihh, tapi kami kemaren harus mikir ekstra dulu dlm 2 jam gimana ngusahain bisa jadi lebih. Yang paling besar yg dapet duit nya. Ide nya gila-gilaan kemaren. ahahahahaha

Aan Ma'ruf mengatakan...
on 

Posting Komentar

 

[Get Widget]