Rabu, 03 Agustus 2011

Hari Ini Saya yang Dapat Jackpotnya

Sebenernya agak sedikit gak pas kalo judul diatas saya tulis hari ini, karena saya nulis ini post udah masuk hari ketiga. Tapi gak apalah, anggap aja masih hari kedua ya :). Jadi judul diatas hari ini = hari kedua KP nya.

Kita mulai dari pagi harinya. Begitu sampe di kantor [subhanallah, udeh bisa bilang kantor :D ], ternyata dua temen sekelompok saya yang lain udah pada sampe duluan. Tapi saya telatnya gak terlalu lama loh, palingan beda 2 – 3 menit lah dari mereka. Ternyata yang udah duduk diruang kontrol bukan bapak supervisornya kayak kemaren, melainkan kakak operator yg kemaren nemenin dan ngasih penjelasan ke kami. Kakaknya kelihatan rada kusut gimana gitu, belom mandi kali. Soalnya di GI Bukit Sigungtang ini shiftnya agak beda dengan shift yang saya tahu. Biasanya kan shift itu 24 jam dibagi 3 atau 4 untuk 1 orang / kelompok, dan dirotasi tiap 3 atau beberapa hari sekali. Kalo di GI ini shiftnya 24 jam full, tapi setelah itu libur sehari baru masuk lagi.

Berhubung kami datangnya udah jam 8 lewat dikit sih, jadinya jadwal harian yang untuk jam 8 sudah dicatat duluan. Ya udah, berarti kami harus nunggu 30 menit lagi untuk mencatat beban harian berikutnya. Sambil nunggu kami sedikit berbincang dg kakak operatornya. Tapi gak beberapa lama kemudian kakaknya udah siap-siap buat pergantian shift. Ok, It’s to take a rest guys. Setelah semaleman berduaan sama kubikel [sebenernya gk cuma satu kubikelnya, ada banyak].

Dengan kakak operator yang hari ini kami banyak nanya ini itu. Mulai dari hal yang kecil (jarum penunjuk yg ada di kubikel), sampe hal yang besar (trafo daya yang ada diluar). Selain itu kami juga sedikit belajar ngitung pake rumus dasar yang dipelajari di kampus. Rumus buat ngitung daya: P = √3.V.I.cos ᶲ
Kami ngitung daya yang ada ditrafo. Dimana arus didapata dari penyulang, tegangan di sisi sekunder, dan cos ᶲ rata-rata nya 0,89.

Tapi rekan-rekan mahasiswa sekalian mungkin mikirnya kami ngitung pake scientific kalkulator mahal yg harganya samep 250 rb kalo di Gramedia, tapi bisa dapat 130rb kalo di Glodok, namun sayangnya sangat rawan hilang. Maaf tebakan rekan-rekan sekalian salah. Kami ngitungnya pake kalkulator dg tombol besar yang kalo kata orang Palembang, kalkultor bibik sayur. Hahaha. Ini loh barangnya:



Terus jackpot yang dimaksud dijudul apaan sehh??
gini loh, kan biasanya anak yang lagi KP itu pingin banget ketemu masalah atau gangguan biar mereka bisa tahu apa yg harus dilakukan ketika terjadi gangguan. Dan hari ini saya yang dapat jackpot tersebut. Hehehe.

Jadi ceritanya pas giliran saya mencatat beban harian yang 30 menit sekali itu, masuklah saya ke ruang kubikel trafo daya pertama. Ketika melihat pembacaan arus pada salah satu kubikel untuk salah satu penyulang, ada sedikit yang aneh. Langkah pertama untuk membaca arus pada kubikel ini adalah melihat apakah pada posisi + atau -. Lalu barulah membaca nilai arusnya. Tapi pas saya cek sampe tiga kali, bukan + atau -, tapi pas bener 0. Ya udah saya biarin aja. Nah yang lebih aneh lagi, nilai arusnya itu kecil banget cuma 3 A. Padahal biasanya bisa tembus sampe diatas 30 A. Ya udah saya catat aja berdasarkan apa yang saya lihat deh.

Habis dari ruang kubikel saya balik ke ruang kontrol buat ngelaporin sama operatornya. Tapi belom sempat saya bilang sesuatu ke operatornya tiba-tiba ada panggilan masuk. Mereka menginformasikan bahwa PLTG Musi 2 hari baru saja dimatikan karena ada pengerjaan penghantar. Langsung saya nyambung, pantesan pembacaan arusnya jadi kecil gitu. Sama operatornya kami balik lagi ke ruang kubikel, dan melakukan pengecekan lagi, dan ternyata emang bener itu penyebabnya.

Lalu kakak opertornya menyuruh kami untuk menghitung manual jumalah daya yg ada dari ketiga kubikel untuk menunjukkan bahwa memang nilai tersebut benar. Setelah dihitung ternyata, ya emang bener nilainya harus segitu. Dan resiko ada pembangkit yg dimatikan, otomatis ada sedikit pemadaman listrik lah. We’re so sorry.

Ok deh, saya anggap ini sebuah jackpot karena kejadiannya pas banget di giliran saya. Mudah-mudahan hari ini [saya ngetik post ini subuh hari ketiga nih], saya bisa mendapat ilmu lebih banyak lagi. Tapi gak maksud ngarep ada gangguan lagi loh, cuma ngarep dapet ilmu baru aje :D

Comments :

3 comments to “Hari Ini Saya yang Dapat Jackpotnya”

saya mau dapat jeackpot juga >.<
karna itu sumber ilmunya >.<

Danang.aji mengatakan...
on 

btw akhirnya kamu mo bahas apa buat laporan???

Danang.aji mengatakan...
on 

belom tw nih laporan mau bahas apa, format bentuk utuh laporannya aja belom tau. Mana nanti disidang pulak kan >.<
yang panting sekarang aku catet aja semua isi KP sebulan di blog ini aja deh. HEhehe

Aan Ma'ruf mengatakan...
on 

Posting Komentar

 

[Get Widget]