Selasa, 30 Agustus 2011

Lebarannya Besok, kok Malah Ngamuk !?

Disini saya mau menuangkan sedikit pandangan saya tentang melencengnya putusan sidang isbat terhadap tanggal lebaran yg dicetak di kalender, dengan beberapa reaksi kekecewaan yang tersiar di media massa.

Seperti yang telah kita ketahui, sidang isbat tadi malam menetapkan 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari Rabu, 31 Agustus 2011. Rumor bahwa lebaran tahun ini kita bakalan mundur dari kalender sebenernya udah terdengar satu dua hari kemarin. Nah, pas sorenya sekitar menjelang maghrib, beberapa stasiun TV yg menyiarkan bahwa beberapa pengamatan hilal melihat gak sampe 2 derajat, udah deh makin menguatkan rumor. Dan pas sidang isbat ketok palu, beneran kita lebarannya tahun ini mundur dari yang tertera di kalender.

Selesai putusan sidang isbat ini, ya semacam ada pergolakan lah di masyarakat. Semacam kecewa gitu deh, BESOK MASIH PUASA (read: hari ini). Di situs-situs jejaring sosial pun banyak yang “ngeluh” kenapa lebarannya mundur. Ada yang ngeributin masakan udah siap semua lah, udah kecape’an bikin masakannya, taku masakannya basi, gak jadi pake baju lebaran lah, dan masih banyak redaksinya. Tapi mungkin untuk beberapa alasan mereka cuma becanda. Itu baru di jejaring sosial.

Habis sahur, pas subuh tadi, ketika saya lihat berita di TV ternyata masyarakat banyak yg agak sedikit kecewa juga karena beduk udah siap buat diarak tapi malah harus tarawih lagi. Di istana negara juga, tenda buat open house presiden ternyata juga udah siap dari senin sore loh. Ya apa boleh buat.

Nah yang paling parah, di Nganjuk, Jawa Timur, ratusan siswa kecewa dan membakar obor bersama-sama di lapangan. Kecewa lantaran udah lama nunggu gk tau nya pawai obor yg sedianya akan dilaksanakan malam tadi batal, udah keluar duit banyak, dan udah dandan cantik n cakep- cakep. Dalam masalah ini pun hampir ada perkelahian antar petugas dengan para mantan calo peserta pawai obor.

Hal yang saya soroti disini adalah, KENAPA mesti kecewa berlebihan seperti itu ?? MANA hikmah berpuasanya, menahan emosi dan sebagainya ??
Sikap-sikap kekecawaan tersebut menyiratkan bahwa seolah mereka GAK SUKA masih berada di bulan suci Ramadhan, mereka merasa terbebani karena masih harus puasa lagi. Miris bukan !?

Bukankah dalam ceramah yg sering kita dengar menjelaskan bahwa seharusnya kita sedih Ramadhan tahun ini akan segera meninggalkan kita. Satu bulan dari sebelas bulan yang Allah SWT limpahkan begitu banyak rahmat di dalamnya. Dimana kita tidak tahu apakah tahun depan Allah SWT masih mengizinkan kita untuk bisa bertemu dengan bulan suci Ramadhan lagi tahun depan. Sehingga dengan kata lain, seharusnya kita masih senang Allah SWT tidak buru-buru membuat kita berpisah dengan bulan yang penuh rahmat ini. Allah SWT masih memberi kita kesempatan untuk bisa beramal lebih baik dan banyak lagi.

Terlepas dari apakah celoteh di jejaring sosial itu serius atau tidak, yang jelas kalo sampe ngomel sampe mengumpat, dan bahkan apabila sampe terjadi tindakan anarkis, sungguh itu semua sangat menyedihkan.

.....

Sekali lagi penulis hanya ingin kembali menyampaikan, ini semua hanya pandangan penulis terhadap realita yang ada di lapangan. Kurang lebih sama lah dengan orang yang menuangkan unek-uneknya di akun jejaring sosial.

Akhir kata, penulis ingin menyampaiakan:
“Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1432 H, Minal Aidin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin”

Comments :

0 comments to “Lebarannya Besok, kok Malah Ngamuk !?”


Posting Komentar

 

[Get Widget]