Rabu, 01 Agustus 2012

Kalo Mempertahankan Susah Kejar Aja Terus

"Mempertahankan lebih sulit dari merebut

Pasti udah sering denger kalimat diatas. Jadi ya kalimat itu biasanya sering kita denger saat seseorang yang pernah mencapai suatu prestasi, lalu dihadapkan untuk kembali mendapatkan prestasi yang sama.



Tapi ngomong-ngomong kalimat tersebut termasuk apa ya? Maksud saya apa pepatah, peribahasa, atau apa gitu. Ya udah kita anggap pepatah aja deh.

Dengan atau tanpa kita sadari kalimat ini bisa meracuni pikiran kita. Hingga sedikit banyak akan menjadi beban saat kita dituntut harus mencapai prestasi yang sudah kita capai sebelumnya.

Gitu aja kok repot. Waktu SMA dulu salah seorang guru saya pernah bilang yang kurang lebih maksudnya gini, ngapain pilih yang susah kalo ada yang lebih mudah. Kalo emang mempertahankan susah ya tinggalin, kejar aja terus.

Eitss, tunggu dulu. Maksud guru saya itu bukan berarti menyerah loh. Mari kita mulai membahasnya.

Coba bayangkan, saat kamu dalam sebuah kompetisi apa yang kamu lakukan untuk memenangkan kompetisi tersebut? Jawabannya mungkin beragam, tapi bisa jadi intinya adalah melakukan yang terbaik. Ya itu kuncinya! Saat kamu melakukan yang terbaik yang kamu bisa maka, kamu akan mengerahkan segenap potensi diri yang kamu miliki agar dapat mencapai hasil yang mau kamu capai tersebut. Ok katakanlah kamu mendapatkannya.

Sekarang misal kompetesi tersebut ada lagi. Saat kamu hanya berpikiran untuk bisa mempertahankan, hasilnya kamu hanya akan mendapatkan capaian yang sama. Bagaimana dengan lawan-lawanmu? Kamu akan jadi acuan, yaitu titik yang harus mereka lewati. Maka mereka akan terus menerus latihan dan meningkatkan diri agar kamu dan capaian mu terlewati. Kamu tau apa masalahnya? Mereka memegang kunci sukses yang kamu genggam sebelumnya. Yaitu lakukan yang terbaik.

Sekarang mari kita coba bawa ke contoh nyata. Misal deh, kamu berhasil memperoleh prestasi tingkat kota. Kalo misalnya nanti mempertahankan prestasi tingkat kota mu itu susyah, ya udah tinggalin aja. Lebih gampang merebut atau mengejar kan? Kalo gitu kejar prestasi tingkat provinsinya aja atau lebih nasioanal dan internasionl juga boleh. Hehehe

Mungkin sebagian orang bakal pikir, iye ngomong gitu mah gampang, prakteknya gak sesederhana itu!

Benar, tapi sikap mu salah.

Disini saya bukan mencoba membawa dunia fiksi ke dunia nyata yah. Tapi saya mau menunjukkan bahwa ini semua berkaitan dengan pola pikir atau kerennya mind set, yang ujung-ujungnya mensugestikan kamu dan pikiranmu. Kalo pikiran kita sudah berpikir, wah ini berat, yakin deh bakal jadi lebih berat dari kenyataannya.

Ohh atau sebenernya pepatah itu mau dipake sebagai pembenaran atas kegagalan kita. Aduh jangan lah ya, masa’ nyari pembenaran ikhlas aja terima kebenaran yang ada ;)

Comments :

0 comments to “Kalo Mempertahankan Susah Kejar Aja Terus”


Posting Komentar

 

[Get Widget]