Sabtu, 11 Agustus 2012

Sakau Cuko

Kalau dilihat dari judulnya, udah pada tau belom nih topik pembahasan kita kali ini? Yaudah kalo belom nangkep, kita urai satu-satu deh arti kata dari judulnya.

Sakau, sebenernya kan singkatan dari sakit akibat putau. Tapi disini kita artikan saja sebagai rasa butuh dan ingin yang amat sangat. Supaya gak salah pengertian nangkepnya ini artikel bukan kearah narkoba loh. Sengaja pilih kata ini biar lebih mendramaisasi gitu deh. Hehehe.

Cuko, kuah pedas temen makan pempek. Emang cara orang Palembang nyebutnya gitu, cuko. Kalo orang yang make Bahasa Indonesia rata-rata bilangnya cuka. Karna mungkin mikir itu dialek Palembang. Tapi gak pas deh, cuka itu yang warna putih yang biasa dipake orang masak itu lohh. Jadi emang beda antara cuka dan cuko.

Jadi kalo diartikan, maksud dari sakau cuko itu adalah rasa ingin yang amat sangat terhadap cuko. Emm sebenernya kurang lengkap juga kalo cuma cuko nya doank, sekalian sama pempek nya dehh. Kan cuko dan pempek itu tak terpisahkan, makan pempek tanpa cuko rasanya kurang lengkap. Ya bisa dibilang ada cuko ada pempek lahh.

Ehh bisa dibuat gombalan tuhh, lumayan kalo nanti twitter @anjinggombal ngadain lomba gombal dengan tema makanan. Kira-kira bunyinya gini: aku dan kamu itu kayak pempek dan cuko, ada untuk saling melengkapi. #eeaa hahahahaha, intermezo dikit lahh ;)

Ok kembali ke topik utama.

Jadi ini saya rasakan sewaktu saya udah lama bener gak balik ke Palembang. Saya kuliah di Jakarta dan tinggal sendiri alias ngekost. Kalo di rumah biasanya pempek dan cuko itu makanan yang rutin ada. Entah itu beli atau mama bikin sendiri. Kalo lagi pingin makan pempek ya tinggal bilang. Tapi itu kalo di rumah, ini di kost cuyy beda. Makan aja seadanya boro-boro mau macem-macem.

Nahh karna akumulasi rasa kangen ini udah membuncah, jadilah saya berasa gampang bener serasa nyium wangi aroma cuko. Pernah saya kuat bener nyium aroma cuko dari tetangga yang lagi masak, ehh gak tau nya cuma lagi numis sayur doank. Di kosan temen juga pernah, kok berasa nyium wangi cuko. Yahh gk taunya temen cuma lagi makan nasi lamongan sama sambelnya. Parah bener dehh pokoknya.

Mungkin bakal ada yang mikir, beli aje kali di Jakarta banyak yang jual pempek! Tepat! Benar-benar solusi instan. Tapi masalahnya, susah nyari yang cita rasa aslinya sama. Kata senior saya sih ada yang jual, enak bener, orang Palembang asli, tapi harganya gak nyaman buat dompet anak kost. Hahh, terpaksa rasa kangen yang menyesakkan dada ini saya tahan. Hahaha #lebay

Akhirnya suatu sore temen saya ngajakin nyari jajanan buat temen ngemil begadang sambil nonton bola tar malemnya. Pas lewat didepan gerobak orang jual cakue, timbul lah hasrat ingin makan cakue. Maklum kami sama-sama belom pernah nyobain cakue. Okesipp jadi lah kami beli cakue murah meriah sepotong seribu. Ternyata pas dibungkus kami dikasih semacem saosnya, warna kuning, agak encer, kayaknya sih manis. Whatever, bawak pulang dulu.

Habis makan malem karena masih agak laper dan penasaran sama cakue tadi, jadilah kami sikat juga cakue hangat yang baru dibeli. Saosnya saya masukin mangkok, saya perlakukan sama kayak cuko. Warnanya sih kayak manis, tapi aromanya bilang ini pedes. Saya pun ambil sebatang cakue hangat dari dalam bungkus, sobek jadi potongan kecil, dan saya cocolkan lah ke mangkok berisi saos tadi. Subhanallah, ternyata enak dan yang lebih WOW nya lagi rasa saosnya tadi emang rada pedes dan m.i.r.i.p cuko.

Betapa senengnya saya, bisa sedikit mengobati sakau cuko yang saya alami. Pas makan cakue itu pun saya perlakukan sama kayak makan pempek. Gigitnya dikit ngirup cuko nya banyak. Nikmat yang ruarr biasa. Untunglah temen saya gak ikutan ngirup saosnya, cuma dicocol dikit doank. Jadi sisa saosnya banyak bisa saya hirup. Hahaha.

Jadi ada dua kesimpulan yang bisa saya ambil disini. Pertama, kalo anda sedang sakau cuko dan uang anda pas-pasan alternatif yang bisa anda coba adalah beli cakue yang murah meriah dan minta lah saosnya yang banyak. Kedua, kalo makan pempek jangan cuma dicocol doank cuko nya. Coba hirup deh kayak kamu nyeruput kopi, hmm dijamin maknyos lahh.

Ok, selamat mencoba :D

 

[Get Widget]