Rabu, 08 Agustus 2012

“Please Gue Butuh Nasehat Lo”

Wuihh,, kalo jadi salah satu chapter dari novel kayaknya keren juga tuhh. Hahaha. Sayang saya sedang tidak menggarap sebuah novel. Lagi baca novel pun enggak, udah lama nih gak ketemu novel bagus. Ada rekomendasi novel gak? Hehe



Emm, pernah dapet kalimat ini gak dari temen atau sahabat mu? Kalo gak persis kayak kalimat itu, pokoknya yang intinya ke arah sana dehh. Ya udah kalo enggak juga gk pp deh, hayoklah kita bahas disini :D

Saat kita menghadapi sebuah masalah, adakalanya kita membutuhkan orang lain untuk memberi kita nasehat. Tak perlu lah kita jadi sok tangguh dengan sok bertahan gak mau minta nasehat orang lain. Yang ada ntar malah kita jadi stres.

Sebagai orang yang memberi nasehat tentu kita ada baiknya pertama-tama adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Dengerin dulu masalah dia apa, terus analisa saran apa yang bisa kita berikan, kemudian yang gak kalah penting mencari kalimat yang pas agar saran yg hendak kita sampaikan itu dapat ditangkap secara utuh, bukan malah salah pengertian.

Beberapa reaksi yang mungkin terjadi setelah kita beri nasehat antara lain orang tersebut akan langsung terima, iya emang aku blablabla. Ada juga yang bakal ngebantah dan kasih penjelasan lanjutan, gak gitu gini lohh blablabla. Ok kita terima semuanya, kalo reaksi pertama alhamdulillah tinggal kita tenangin aja orangnya. Tapi kalo reaksi kedua? Ya kita perlu ulang lagi step sebelumnya. Bisa jadi emang kita yang belom menangkap secara utuh masalah yang tengah orang tersebut hadapai.

Tapi pernah gak malah nasehat yang kita coba kasih ke orang itu dibantah mulu’ atau cuma diiyain terus ngeloyor pergi, atau yang ini nih diiyain tapi gak dilakuin. Gak masalah, terima aja semuanya. Itu hak orangnya kok mau nerima atau enggak.

Berarti kita aja yang perlu memposisikan diri ke “mode” yang lainnya. Karena mungkin sebenarnya orang tersebut butuh seorang pendengar saja bukan nasehat.

Dibeberapa kasus memang kadang ada yang hanya butuh seseorang yang mau mendengarkan. Kalo bahasa anak muda jaman sekarang curhat a.k.a curcol. Pada kasus seperti ini sebenarnya yang ia butuhkan sebenarnya bukan saran. Melainkan orang yang mau mendengerkan keluh kesah dia dengan sesekali diberi respon biar gak seperti ngomong dengan tembok. Efeknya nanti biasanya akan sama, lega.

Jadi intinya disini saat ada teman kita bilang "please gue butuh nasehat lo", terima dulu karna pasti dia sedang dalam masalah. Tapi kalo dalam perjalanan ceritanya nanti seperti yang saya tulis diatas, berarti sebenernya dia cuma butuh pendengar. So, mari jadi pendengar yang baik.. :)

Comments :

0 comments to ““Please Gue Butuh Nasehat Lo””


Posting Komentar

 

[Get Widget]