Rabu, 30 Mei 2012

Dua Kutub di Jejaring Sosial, Anda yang Mana!?

Sebenarnya tema artikel ini ada kaitan dengan artikel saya sebelumnya Tulisan Itu Lebih Dari Sekedar Sebuah Tulisan Bagi Saya , tapi lebih mengarah ke tulisan di jejaring sosial. Kenapa harus jejaring sosial? Karena menurut saya, saat ini perputaran tulisan itu lebih cepat dan banyak di Jejaring sosial semisal twitter, Facebook, Plurk, dsb. Perputaran yang cepat ini tentunya sebuah indikasi ada banyak orang yang aktif disana dengan berbagai tipikal nge-Net mereka masing-masing. Dan ini sangat rawan terjadi konflik dan gesekan.

Satu kesamaan dari berbagai jejaring sosial yang ada di dunia maya yaitu mereka menggunakan tulisan sebagai bahasa komunikasi bukan suara. Jadi sudah sewajarnya jika akan ada banyak tulisan disana,
la wong mereka lagi berkomukasi.

Buat contoh, kita persempit kasus ini pada twitter. Saya ambil contoh twitter karna socNet saya yang perputaran infonya paling cepet ya ini. Sekarang kita spesifikasikan lagi kasus ini pada dua kutub, yaitu yang jarang nge-tweet dan rajin nge-tweet. Kedua kutub ini kalo udah saling follow udah dehh rawan bener terjadi “gesekan”. Kita mulai pembahasannya dengan pemikiran saya tentang kedua kutub ini.

Akun yang jarang nge-tweet (pasif)
Akun tipe ini bisa jadi menjadikan twitter nya sebagai sarana untuk sekedar mencari info dan berita apa saja dan menjadikan twitter nya sebagai tempat kalo misalnya ada orang yg butuh berkomunikasi dengan dia. Sehingga dengan kata lain tipikal ini aktif baca TL tapi jaring nulis.

Akun yang sering nge-tweet (aktif)
Akun tipe ini bisa jadi menjadikan twitternya sebagai sarana senang-senang, cari info, komunikasi dengan rekan-rekan, nuangin unek-unek, berbagi ilmu, dan lain-lain. Dengan kata lain tipikal ini aktif dlm membaca TL maupun nulisnya. Sehingga akun tipe ini akan sering muncul di TL akun yang following dia.

Masalahnya?
Biasanya yang akan jadi masalah adalah si aktif, karena terlalu sering nulis jadilah dia selalu ada di TL si pasif. Masalahnya lagi ada si pasif yang maklum dengan si aktif, tapi ada juga yang gak bisa maklum. Nahh yang gk bisa maklum inilah yang biasanya akan mengambil “tindakan” misalnya ngatain atau nyindir si pasif: Hellow, please dehh masalah lo gk usah disebarin; Busset dah sakit aje mau ditulis; Ngegalau mulu nih orang kayak gak ada kerjaan lain aje!; Pacaran di TL mau dibilang pasangan yg selalu mesra lo!; Rajin amat nge-tweet, mendramaisasi kehidupan bgt sihh; Lo kira keren rajin nge-tweet!? Gak sama sekali!

Kalimat-kalimat bergaris miring diatas merupakan beberapa gambaran inti dari berbagai variasi text yang bisa dikembangin untuk ngatain atau nyindir si aktif. Dan kalimat-kalimat tersebut ada yang ditulis secara frontal dan ada yang disembunyiin bisa ke dalam bahasa inggris atau dengan nge-retweet tulisan akun lain.

Ayo lahh, itu akun dia sendiri kan yang ditulis? Bukan akun situ? Memang benar masalahnya juga tulisan dia itu selalu muncul dihadapan kita. Tapi cobalah bersikap untuk lebih bijaksana lagi dalam menyikapinya. Banyak efek buruk yang bisa terjadi kalo sudah satu sama lain gk bisa terima sindiran ini. Silahkan bayangkan apa yang bisa terjadi, tak perlu lah saya tulis disini.

Ya udah sihh, trus masalah buat gue kalo lo gak terima!?
Alangkah terdengar angkuhnya komentar ini, seolah menyiratkan makna mau terjadi apa juga sama lo gue gak peduli.

Lahh ini kan akun gue!? Terserah gue lahh mau nulis apa!
TEPAT. Kalo kalimat ini dipake si pasif, enak bener si aktif mentahinnya pake kalimat ini juga.

...

Intinya di artikel ini saya cuma mau mengingatkan, setiap orang itu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda termasuk cara dalam beraktifitas di socNet. Namanya juga dunia maya, dunia tak nyata, itu cuma akunnya doank, belum tentu aslinya juga gitu. Mungkin ada yang berpikir kenapa isi artikel diatas lebih condong ke si aktif. Jujur saya bilang, saya sangat suka menulis jadi saya sangat suka nge-tweet baik itu sekedar nanggepin tulisan orang atau nulis apa yang pingin saya tulis, maka saya juga adalah si aktif.

Tanggapan dan komentar tentang pemikiran saya ini pasti beragam, ada yang setuju, ada yang merasa udah ngalamin, ada yang nggak suka, ada yang ngatain, dan pasti ada ada saja. Silahkan, pendapat pembaca sekalian itu bebas, kan setiap individu punya pemikiran masing-masing. Sama kayak saya dalam artikel ini lah. Gak jadi masalah berbeda pendapat, yang jadi masalah itu cara menyikapi perbedaan itu.

Untuk penutup artikel ini saya mau nulis quote ahh:
Boleh benci sama akunnya, tapi jangan sama orangnya. Boleh cinta sama akunnya, tapi kenali dulu lahh orangnya.

Comments :

0 comments to “Dua Kutub di Jejaring Sosial, Anda yang Mana!?”


Posting Komentar

 

[Get Widget]