Sabtu, 03 Januari 2009

'Width Scanner' Pada Printer, Positif atau Negatif ?

Teknologi khususnya yang berkaitan dengan IT semakin hari memang semakin berkembang. Perkembangannya pun semakin memanjakan para penggunanya dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Tapi bagaimana dengan teknologi yang dikembangkan untuk printer yang satu ini? Yaitu printer dengan 'Width Scanner' yang memungkinkan printer "menolak" kertas yang anda berikan?

Teknologi yang satu ini mungkin memang bukanlah suatu teknologi yang sangat baru digunakan. Nah, salah satu brand printer yang cukup ternama yang mengaplikasikan teknologi ini di salah satu variant nya adalah hp. Tepatnya hp officejet k7100, yang mengaplikasikan tekonologi Width Scanner ini.


Sedikit informasi yang saya ketahui tentang Width Scanner ini adalah setelah anda memberikan perintah untuk mencetak dari komputer anda (dari program apapun) printer akan melakukan scanning pada kertas yang tersedia di dalam printer. Scanning ini bertujuan untuk melakukan sinkronisasi antara kertas yang akan digunakan untuk mencetak dengan jenis kertas yang anda buat pada awal perintah mencetak tadi.

Jika ternyata ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak tidak sesuai dengan perintah maka, kertas tersebut akan di "muntahkan" dengan kondisi sesuai dengan kondisi awal kertas.

Mungkin setelah membaca informasi diatas, jika anda mengalami kesulitan dengan printer yang menggunakan Width Scanner ini anda akan berpikir tinggal mengganti dengan jenis kertas yang sesuai. Tapi bagaimana jika kertas yang anda gunakan bukanlah kertas yang umum ada di pasaran ? Maksud saya, bagaimana jika kertas yang anda gunakan adalah kertas khusus (
custom) misalnya kertas sertifikat dan sebagainya ?

Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya ada sedikit masalah dengan printer yang satu ini. Masalahnya kertas yang saya gunakan adalah kertas custom yang ukurannya mendekati A3 tapi lebih kecil sedikit. Awalnya saya tidak tahu kalau printer hp officejet k7100 itu pake Width Scanner. Tapi setelah mengetahui nya saya pun mencoba berbagai cara salah satunya dengan mengubah status Width Scanner dari
mode ON ke mode OFF. Tapi ternyata Width Scaner nya masih aktif dan mencetak nya gagal. Saya juga sudah mencoba untuk mengubah jenis kertas di komputer menjadi custom, tapi ternyata nggak ada.

Akhirnya saya mencoba cara manual, yaitu dengan mengukur lebar kertas yang akan saya gunakan dan mencari ukuran yang sesuai. Dan untungnya ada lebar kertas yang sesuai. Tapi bagaimana jika lain kali kertas custom yang digunakan tidak ada yang sesuai.? (
kasian b.g.t deh)

So, bagaimana menurut anda tentang teknologi Width Scanner pada printer ?

Memudahkan atau menyusahkan ??? (
it's up to you guys)

Comments :

0 comments to “'Width Scanner' Pada Printer, Positif atau Negatif ?”


Posting Komentar

 

[Get Widget]