Selasa, 08 Januari 2008

Pekan Ilmiah Remaja Daerah seSumatera Selatan 2007

Pekan Ilmiah Remaja Daerah (Pirda) se-Sumatera Selatan ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sumatera Selatan pada pertengahan tahun 2007 lalu. Penyelenggaraan Pirda ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif pada siswa SMA di Sumatera Selatan. Pelaksanaan Pirda ini dilakukan selama 3 hari yang bertempat di Asrama Haji Sumsel dan diikuti oleh siswa-siswi dari berbagai SMA dari seluruh Kota dan Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tidak hanya pemberian materi mengenai tata cara penelitian, tetapi juga di berikan materi mengenai perakitan robot sederhana yang diberikan oleh pihak MDP. Robot yang dipakai saat itu ialah robot lego.

Namun, inti dari acara ini ialah lomba penelitian ilmiah tingkat pelajar yang di tuangkan dalam bentuk Karya Tulis yang harus dipresentasikan pada para juri. Lomba ini di bagi atas Penelitian Bidang IPA dan Penelitian Bidang IPS. Penelitian yang dilakukan beragam namun, pada umumnya penelitian yang di lakukan lebih menonjolkan sesuatu dari daerah asal mereka masing-masing. Sebagai tuan rumah, Kota Palembang mengirim 4 utusan yang masing-masing berasal dari sekolah yang berbeda yaitu SMA Plus Negeri 17 Palembang, SMA Xaverius 1 Palembang, SMA Kusuma Bangsa dan SMA IGM. Dari 4 sekolah ini hanya SMA Plus Negeri 17 Palembang dan SMA Kusuma Bangsa yang mengirim utusan di kedua cabang, namun pada cabang Penelitian Sosial (IPS) utusan dari SMA Kusuma Bangsa tidak melakukan presentasi sehingga dianggap mengundurkan diri dan gugur.

Setelah selesai dilakukan presentasi dan nilai telah dikalkulasikan, hasilnya segera di umumkan. Pada bidang IPA juara pertama dimenangkan oleh SMA Negeri 4 BatuRaja yang mengangkat tema 'Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong menjadi Keripik Kulit Singkong'. Sedangkan pada Bidang IPS juara pertama dimenangkan oleh SMA Plus Negeri 17 Palembang dengan judul penelitian 'Strategi Adaptif Masyarakat Pinggiran Sungai Musi Pasca Pencangan Kota Palembang sebagai Kota Wisata Sungai, sebuah upaya menyongsong Visit Musi 2008' yang diteliti oleh Al-Amin Putera Pratama Ma'ruf dan rekannya Choirul Azim.

Comments :

0 comments to “Pekan Ilmiah Remaja Daerah seSumatera Selatan 2007”


Posting Komentar

 

[Get Widget]